Powered By Blogger

Tuesday, December 3, 2013

RPP IPA KELAS XII SMK SEMESTER GASAL

CONTOH RPP IPA KELAS XII SEMESTER GASAL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )

Nama Sekolah               :  SMK PGRI KARANGMALANG SRAGEN
Mata Pelajaran              :  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester             :  XII / Gasal
Standar Kompetensi     : 3. Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan AMDAL
Kompetensi Dasar        :  3.1     Mengidentifikasi komponen ekosistem
Indikator                       : 3.1.1 Komponen-komponen ekosistem diidentifikasi berdasarkan lingkungan sekitar
3.1.2 komponen biotik dan abiotik diidentifikasi berdasarkan fungsinya
3.1.3 interaksi antarkomponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensalisme dan parasitisme diidentifikasi melalui kegiatan penelitian di lapangan
Alokasi Waktu            :  8 x 45 menit

 


I.         Tujuan Pembelajaran
Pendidikan karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan, dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala luas.
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Mendeskripsikan komponen ekosistem.
2.      Mendeskripsikan interaksi antarkomponen ekosistem
3.      Mendeskripsikan karakteristik tipe ekosistem
4.      Mendeskripsikan manfaat komponen ekosistem bagi kehidupan
Karakter yang dituju : siswa yang cerdas, terampil, analitis, kritis dan berwawasan luas

II.      Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
A.    Ekologi (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Pertemuan 2
B.     Ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Pertemuan 3
C.     Macam dan satuan ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Pertemuan 4
D.    Pola interaksi dalam ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)

III.   Model dan Strategi Pembelajaran
1.      Model pembelajaran CTL.
2.      Strategi : studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain.

IV.   Langkah – langkah pembelajaran
A.    Pertemuan pertama (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.     Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
1)      Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar isi modul. (10 menit)
2)      Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat.
3)      Siswa dijelaskan materi tentang ekologi. (14 menit)
Karakter yang akan terbentuk : rasa serta sikap siap dalam segala kondisi
4)      Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit)
b.      Elaborasi
1)      Disediakan soal – soal tentang ekologi. Siswa mengerjakannya dengan sungguh – sungguh. (soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit)
2)      Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10 menit)
Karakter yang akan terbentuk : rasa keyakinan dalam hati dan percaya diri.
3)      Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. (10 menit)
Karakter yang akan terbentuk : berani berpendapat
4)      Diskusi hasil presentasi. (10 menit).
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

B.     Pertemuan kedua (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.       Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1)      Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan.
2)      Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam ekosistem. (10 menit)
3)      Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit)
b.      Elaborasi
Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

C.    Pertemuan ketiga (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.       Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1)      Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan.
2)      Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam ekosistem. (10 menit)
3)      Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit)
b.      Elaborasi
Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

D.    Pertemuan Empat (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.       Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari, guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk : manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.     Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa hormat kepada guru
2.
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1)      Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan.
2)      Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam ekosistem. (10 menit)
3)      Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit)
b.      Elaborasi
Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)


V.      Sumber Pembelajaran dan Alat Pembelajaran
1.      Modul bahan ajar
2.      BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera
3.      Buku referensi lain yang relevan
4.      Lingkungan sekitar
5.      Internet

VI.   Penilaian
A.    Penugasan (Kerja Kelompok BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Buatlah kelompok 4-5 orang. Tunjuklah secara demokratis satu orang untuk menjadi ketua kelompok, kemudian kerjakan tugas berikut dengan baik! Bekerjasamalah dengan baik!
Alat dan Bahan :
1.      Tali
2.      Patok
3.      Alat tulis
4.      Kalkulator
Cara Kerja :
1.      Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan lokasi yang berbeda (tempat teduh dan tempat terbuka)!
2.      Lokasi tersebut kemudian diukur dengan ukuran 1 x 1 meter!
3.      Amatilah komponen – komponen penyusun ekosistem dalam area!
4.      Perluasan ukuran plot menjadi 2 x 2 meter dan 4 x 4 meter!
5.      Amatilah kembali komponen – komponen penyusu ekosistemnya.
6.      Catatlah hasilnya.
Pertanyaan :
1.      Apakah ada perbedaan komponen penyusun ekosistem pada daerah terbuka dengan daerah teduh? Jelaskan faktor penyebabnya!
2.      Bagaimana perbandingan jumlah komponen penyusun ekosistem pada setiap ukuran plot? Jelaskan!

B.     Pengamatan Proses
1.      Unjuk Kerja
No
Nama Siswa
Karakter yang diamati
Mandiri
Percaya Diri
Kreatif
Rajin
Tanggung Jawab

-





Catatan: kolom karakter bisa ditambah sesuai dengan jenis karakter yang ada.
2.      Uji Kompetensi
Aspek Kognitif (BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
1.      Pilihan Ganda
Contoh :
1)      Dalam suatu persawahan terdapat belalang, tikus, tanaman padi dan ular. Fikri sangat peduli terhadap keberlangsungan ekosistem sawah sehingga dalam membasmi hama, Fikri tidak pernah mau menggunakan pestisida karena penggunaan pestisida yang berlebihan mengakibatkan populasi belalang di persawahan tersebut menjadi punah. Akibat punahnya belalang tersebut adalah …
a.       Populasi tikus meningkat
b.      Populasi tanaman padi meningkat
c.       Populasi ular meningkat
d.      Populasi tanaman padi menurun
e.       Populasi tikus menurun, tapi populasi ular meningkat
2)      Rinda sangat rajin menyiram kebun bayam dibelakang rumahnya, karena ia tahu bahwa tanaman bayam harus sering disirami. Hal itu menunjukkan bahwa tanaman bayam …
a.       Bergantung pada tanah
b.      Bergantung pada air
c.       Menentukan ekosistem
d.      Merupakan produsen
e.       Merupakan konsumen

2.      Isian
Contoh :
1)      Hewan dan tumbuhan yang tidak berklorofil tidak mampu mensintesis makanan sendiri. Sifat seperti ini disebut …
2)      Ekosistem buatan berupa daerah pertanian disebut …

3.      Uraian
Contoh :
1)      Bagaimana terciptanya istilah ekologi?
2)      Sebutkan komponen abiotik dalam ekosistem!
Aspek Afektif
Jawablah pertanyaan berikut ini secara logis, kritis dan analitis!
Derajad keasaman tanah sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanah. Pernahkan kalian melihat petani yang memberi kapur pada sawahnya? Menurut pendapat kalian, apakah alasan pemberian kapur pada tanah pertanian? Adakah kaitannya dengan ketersediaan unsur – unsur hara lain tanaman?
Aspek Psikomotorik
Untuk menambah wawasan kalian, di bawah ini adalah praktik yang akan mendorong sifat peduli terhadap ekosistem di sekitar kalian.

Tujuan :
Memahami komponen – komponen ekosistem
Alat dan Bahan :


1.        Akuarium
2.        Kerikil
3.        Pasir
4.        Tanah yang subur
5.        Air jernih
6.        Hydrilla sp
7.        Empat ekor ikan
8.        Dua ekor siput air
9.        Dua ekor udang
10.    Makanan ikan


Cara Kerja :
1.        Masukkan tnah subur secukupnya ke dalam akuarium
2.        Cucilah pasir, kemudian taburkan di atas tanah subur dengan merata
3.        Cucilah kerikil, kemudian taburkan di atas pasir dengan merata
4.        Isilah akuarium dengan air jernih secara perlahan – lahan hingga hampir penuh
5.        Masukkan Hydrilla sp
6.        Letakkan akuarium di tempat tenang, tetapi tidak terkena cahaya matahari secara langsung
7.        Bbiarkan selama lima hari
8.        Buanglah setiap kali ada Hydrilla sp yang mati atau membusuk
9.        Masukkan empat ekor ikan, dua ekor siput air dan dua ekor udang
10.    Berilah makanan ikan setiap hari dan tambahkan air ke dalam akuarium apabila airnya menyusut karena penguapan.
Pertanyaan :
1.        Apakah yang berperan sebagai produsen dalam ekosistem tersebut?
2.        Apakah yang berperan sebagai konsumen dalam ekosistem tersebut?
3.        Adakah dekomposer dalam ekosistem tersebut? Jelaskan jawaban kalian!
4.        Apakah akibatnya jika dalam ekosistem tersebut tidak ada dekomposer?
5.        Komponen abiotik apa sajakah yang ada dalam ekosistem tersebut?
6.        Apakah akibatnya jika Hydrilla sp tidak dimasukkan ke dalam ekosistem tersebut?
7.        Apakah akibatnya jika udang tidak dimasukkan ke dalam ekosistem tersebut?

Mengetahui                                                                                                                           ….,……………
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mapel



………………                                                                                                                      …………….

APLIKASI WEBCAM LAPTOP

Aplikasi webcam adalah sebuah software yang digunakan untuk mengcapture atau mengambil gambar dan video dari camera laptop, salah satu aplikasinya yaitu camersoft webcam. camersoft webcam sangat ringan dan mudah digunakan. 

screenshot aplikasi :


berikut link download aplikasi webcam camersoft :




Silahkan klik judul di bawah gambar dan anda akan di alihkan ke link download via 4shared..
semoga bermanfaat.



PENGERTIAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH

PENGERTIAN ZAKAT


Zakat mempunyai beberapa arti, diantaranya :

Pertama : An-Nama (tumbuh dan berkembang), artinya bahwa harta yang dikeluarkan zakat darinya, tidaklah akan berkurang, justru akan tumbuh dan berkembang lebih banyak. Faktanya sudah sangat banyak.

Kedua : Ath-Thaharah (suci), artinya bahwa harta yang dikeluarkan zakatnya, akan menjadi bersih dan membersihkan jiwa yang memilikinya dari kotoran hasad, dengki dan bakhil.

Ketiga : Ash-Sholahu (baik), artinya bahwa harta yang dikeluarkan zakatnya, akan menjadi baik dan zakat sendiri akan memperbaiki kwalitas harta tersebut dan memperbaiki amal yang memilikinya.

Adapun zakat secara istilah adalah jenis harta tertentu yang pemiliknya diwajibkan untuk memberikannya kepada orang-orang tertentu dengan syarat-syarat tertentu juga.

Pengertian Infak

Infak dari akar kata : Nafaqa (Nun, Fa’, dan Qaf), yang mempunyai arti keluar. Dari akar kata inilah muncul istilah Nifaq-Munafiq, yang mempunyai arti orang yang keluar dari ajaran Islam.

Kata (infaq), yang huruf akhirnya mestinya “Qaf”, oleh orang Indonesia dirubah menjadi huruf “ Kaf ”, sehingga menjadi (infak).

Maka, Infaq juga bisa diartikan mengeluarkan sesuatu (harta) untuk suatu kepentingan yang baik, maupun kepentingan yang buruk. Ini sesuai dengan firman Allah yang menyebutkan bahwa orang-orang kafirpun meng "infak" kan harta mereka untuk menghalangi jalan Allah :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ فَسَيُنْفِقُونَهَا ثُمَّ تَكُونُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُونَ وَالَّذِينَ كَفَرُوا إِلَى جَهَنَّمَ يُحْشَرُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. dan ke dalam Jahannamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan” (Qs. Al Anfal : 36)

Sedangkan Infak secara istilah adalah : Mengeluarkan sebagian harta untuk sesuatu kepentingan yang diperintahkan oleh Allah subhanahu wata’ala, seperti : menginfakkan harta untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Infak sering digunakan oleh Al Qur'an dan Hadits untuk beberapa hal, diantaranya :

Pertama : Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan, yaitu zakat. Infak dalam pengertian ini berarti zakat wajib.

Kedua : Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan selain zakat, seperti kewajiban seorang suami memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya. Kata infak disini berubah menjadi nafkah atau nafaqah.

Ketiga : Untuk menunjukkan harta yang dianjurkan untuk dikeluarkan, tetapi tidak sampai derajat wajib, seperti memberi uang untuk fakir miskin, menyumbang untuk pembangunan masjid atau menolong orang yang terkena musibah. Mengeluarkan harta untuk keperluan-keperluan di atas disebut juga dengan infak.

Biasanya infak ini berkaitan dengan pemberian yang bersifat materi.

Pengertian Sedekah.

Sedangkan “Sedekah“ secara bahasa berasal dari akar kata (shodaqa) yang terdiri dari tiga huruf : Shod- dal- qaf, berarti sesuatu yang benar atau jujur. Kemudian orang Indonesia merubahnya menjadi Sedekah.

Sedekah bisa diartikan mengeluarkan harta di jalan Allah, sebagai bukti kejujuran atau kebenaran iman seseorang. Maka Rasulullah menyebut sedekah sebagai burhan (bukti), sebagaimana sabdanya :

وعن أبي مالكٍ الحارث بن عاصم الأشعريِّ - رضي الله عنه - ، قَالَ : قَالَ رسولُ الله - صلى الله عليه وسلم - : الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمان ، والحَمدُ لله تَمْلأُ الميزَانَ ، وَسُبْحَانَ الله والحَمدُ لله تَملآن - أَوْ تَمْلأُ - مَا بَينَ السَّماوات وَالأَرْضِ، والصَّلاةُ نُورٌ ، والصَّدقةُ بُرهَانٌ ، والصَّبْرُ ضِياءٌ ، والقُرْآنُ حُجةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ .كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَائعٌ نَفسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُها رواه مسلم

Dari Abu Malik Al harits Bin Ashim Al as'ariy ra.. ia berkata: Rasulullah saw bersabda: "Suci adalah sebagian dari iman, membaca alhamdulillah dapat memenuhi timbangan, Subhanallah dan Alhamdulillah dapat memenuhi semua yang ada diantara langit dan bumi, salat adalah cahaya, sedekah itu adalah bukti iman, sabar adalah pelita dan AlQuran untuk berhujjah terhadap yang kamu sukai ataupun terhadap yang tidak kamu sukai. Semua orang pada waktu pagi menjual dirinya, kemudian ada yang membebaskan dirinya dan ada pula yang membinasakan dirinya.” (HR. Muslim).

Sedekah bisa diartikan juga dengan mengeluarkan harta yang tidak wajib di jalan Allah. Tetapi kadang diartikan sebagai bantuan yang non materi, atau ibadah-ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, mengajarkan ilmu, bertasbih, berdzikir, bahkan melakukan hubungan suami istri, disebut juga sedekah. Ini sesuai dengan hadits :

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رضي الله عنه أنَّ ناساً قالوا : يَا رَسُولَ الله ، ذَهَبَ أهلُ الدُّثُور بالأُجُورِ ، يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّي ، وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ ، وَيَتَصَدَّقُونَ بِفُضُولِ أمْوَالِهِمْ ، قَالَ : أَوَلَيسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا تَصَدَّقُونَ بِهِ : إنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقةً ، وَكُلِّ تَكبيرَةٍ صَدَقَةً ، وَكُلِّ تَحمِيدَةٍ صَدَقَةً ، وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةً ، وَأمْرٌ بالمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهيٌ عَنِ المُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وفي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ قالوا : يَا رسولَ اللهِ ، أيَأتِي أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أجْرٌ ؟ قَالَ : أرَأيتُمْ لَوْ وَضَعَهَا في حَرامٍ أَكَانَ عَلَيهِ وِزرٌ ؟ فكذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا في الحَلالِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ رواه مسلم

Dari Abu Dzar radhiallahu 'anhu : Sesungguhnya sebagian dari para sahabat berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam : “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershadaqah dengan kelebihan harta mereka”. Nabi bersabda : “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershadaqah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shadaqah, tiap-tiap tahmid adalah shadaqah, tiap-tiap tahlil adalah shadaqah, menyuruh kepada kebaikan adalah shadaqah, mencegah kemungkaran adalah shadaqah dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shadaqah“. Mereka bertanya : “ Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab : “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa, demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala”. (HR. Muslim)

Kesimpulan

Zakat kalau disebut dalam al-Qur’an dan Hadist berarti zakat wajib yang dikenal kaum muslimin sebagai rukun Islam ketiga. Sedangkan Infaq kadang dipakai untuk menyebut infaq wajib (zakat), kadang dipakai untuk menyebut infaq wajib selain zakat (nafkah keluarga). Kadang dipakai untuk menyebut infaq yang tidak wajib. Begitu juga Sedekah, kadang berarti zakat wajib, kadang untuk sesuatu yang tidak wajib. Wallahu A’lam.

SUMBER : http://www.ahmadzain.com/

Lowongan Kerja Di Sukoharjo CV RAS GARMENT



VAC


Sebuah Perusahaan dibidang #GARMENT diSUKOHARJO. Membtuhkan bnyk karyawati untuk posisi:
1.QC Line. 5 orang.
2.Operator jahit. 500 orang.
3.Operator Obras. 50 orang.
4.Operator Pasang lubang kancing.
5.Operator Gosok. 25 orang.
6.Operator Cutting.
(SPreding/Numbering). 10 orang.

#FASILITAS:
1.Gaji Standart UMK Sukoharjo*
2.PREMI
3.Bonus.
4.Mess Perusahaan
5.Mobil jemputan.* dilewati area.
6.Gajian 2mingguan.

#Syarat_umum:
0.Umur 17-35th.
1.F/c KTP.
2.F/c. Ijazah terakhir.
3.Surat pngalaman kerja* bila ada.
4.Surat Lamaran krj.

#info_Hub:
1. Bp. Didik (HRD)
Hp: 087803926005 / 085647509190.

2.Bp.Selva das.
Hp: 081289957778 / 085702063030.

3.Bp. Agung
Hp: 081328075775.

#Office:(0271)626125.

#BAWA LAMARAN & INTERVIEW langsung ke:
#CV_RAS_GARMENT.
Ds. Pongan Rt.04/5 pondok.
Langenharjo- Grogol
Sukoharjo.

#NB: bagi tmn" yg belum bz menjahit dibimbing / ikut bagian yg lain*.
#NO_sistim_kontrak
#NO_trainning.
#NO_Shiff...
#TERIMAKASIH...

PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMK

CONTOH PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMK



PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
SMK PGRI KARANGMALANG SRAGEN
TAHUN 2013/2014

I.         DASAR KEGIATAN
Dalam pembukaan undang – undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk itu setiap warga Negara Republik Indonesia berhak memperoleh kehidupan yang bermutu sesuai minat dan bakat yang dimiliki tanpa memandang status social, ras, etnis, agama dan gender.

Tantangan dalam pendidikan adalah menyiapkan peserta didik untuk hidup di zaman millennium ketiga, hal ini disebabkan karena pada zaman tersebut sebagian besar apa yang terjadi dan kondisinya belum dikenal, penuh akselerasi yang luar biasa, penuh perubahan serta penuh tantangan.

Suatu hal yang tidak dapat ditinggalkan adalah “Belajar”, belajar hendaknya dapat melihat kedepan dan belajar untuk mengantisipasi realita ini menjadi semakin penting bagi peserta didik untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dan kelenturan dalam pemikiran serta kemampuan untuk memecahkan masalah – masalah secara kritis dan kreatif.

Dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional yang tertuang dalam rencana strategis (Renstra) Depdiknas 2005-2009 menekankan bahwa perspektif pembangunan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan aspek intelektual saja melainkan juga watak, moral, social, dan fisik peserta didik atau dengan kata lain menciptakan manusia Indonesia seutuhnya. Semua jenjang lembaga pendidikan formal (sekolah) mempunyai tugas untuk mensintesa itu semua.

Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler lebih mengandalkan inisiatif sekolah. Secara Yuridis, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler memiliki landasan hokum yang kuat, karena diatur dalam surat Keputusan Menteri yang harus dilaksanakan oleh sekolah, salah satu keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 125/U/2002 tentang kalender pendidikan dan jumlah jam belajar efektif di sekolah pengaturan kegiatan ekstrakurikuler dalam keputusan ini terdapat Bab 5 pasal 9 ayat 2 “pada tengah semester 1 dan 2 sekolah melakukan kegiatan olahraga dan seni ( porseni ), karya wisata, lomba kreatifitas atau praktek pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan seutuhnya.” Dalam bagian lampiran keputusan mendiknas ini juga dinyatakan liburan sekolah atau madrasah selama bulan ramadhan diisi dan dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan, yang diarahkan pada peningkatan akhlak mulia, pemahaman atau amaliah agama termasuk kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang bermuatan moral.

II.      TUJUAN KEGIATAN
Pada umumnya pendidikan bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang memungkinkan siswa didik untuk mengembangkan potensi, bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga mereka mampu mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadinya maupun kebutuhan masyarakat.

Kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat memenuhi kebutuhan yang diminati siswa untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman terhadap berbagai mata pelajaran yang pada suatu saat nanti bermanfaat bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan memberikan sumbangan yang berarti bagi siswa untuk mengembangkan minat – minat baru, menanamkan tanggung jawab sebagai warga Negara, melalui pengalaman-pengalaman dan pandangan – pandangan kerja sama dan terbiasa dengan kegiatan mandiri.

III.   PRINSIP KEGIATAN
a.       Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat, minat peserta didik masing – masing.
b.      Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
c.       Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.
d.      Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler dalam suasana yang disukai dan menggembirakan peserta didik.
e.       Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
f.       Kemanfaatan social, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

IV.   FORMAT KEGIATAN
a.       Individual, yaitu format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti peserta didik secara perorangan.
b.      Kelompok, yaitu format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh kelompok – kelompok peserta didik.
c.       Klasikal, yaitu format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh peserta didik dalam satu kelas.
d.      Gabungan, yaitu format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti peserta didik antar kelas atau antar sekolah.
e.       Lapangan, yaitu format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti seorang atau sejumlah peserta didik melalui kegiatan diluar kelas atau kegiatan lapangan.
V.      WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
1.      Waktu dan Kegiatan  : Selasa – Sabtu ( Mulai bulan September 2013 – Februari 2014 )
2.      Tempat Kegiatan        : SMK PGRI Karangmalang Sragen

VI.   JENIS, NAMA PEMBINA & JADWAL KEGIATAN
NO
JENIS KEGIATAN
WAKTU
NAMA PEMBINA
1
Basket
Selasa, Jam 14.30 – 16.00
Sofiyan Adi Candra, S.Pd
2
Voli
Selasa, Jam 14.30 – 16.00
Aprilia S.Pd
3
Footsal
Rabu, Jam 14.30 – 16.00
Sofiyan Adi Candra, S.Pd
4
Atletik / Senam
Rabu, Jam 14.30 – 16.00
Aprilia S.Pd
5
Pramuka
Kamis, Jam 14.30 – 16.00
Indri Nur Hastuti, S.Pd
Nunuk Pudjiati, S.Pd
Roni
Alex
6
PMR
Jum’at, Jam 14.30 – 16.00
Wahdadi
Waluyo
7
Menjahit
Jum’at, Jam 14.30 – 16.00
Siti Umiyati, S.Pd
Soidah Nur Cahyani
8
Rohis
Jum’at, Jam 14.30 – 16.00
Ida Rodliyah, S.Ag
Muhyidin, S.Ag
9
Pecinta Alam / PA
Sabtu, Jam 14.30 – 16.00
Munif Solikhin, S.Hut
Condro Riyanto, S.Kom
Catatan :
Waktu pelaksanaan bisa berubah sesuai koordinasi antara siswa dan Pembina.


                                                                                                           Sragen,   September 2013
                 Mengetahui
              Kepala Sekolah                                                                            Koordinator Kegiatan



     Drs. Titut Maryanta, M.Pd                                                                        Ag. Surono, BA