CONTOH RPP IPA KELAS XII SEMESTER GASAL
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )
Nama Sekolah : SMK PGRI KARANGMALANG
SRAGEN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : XII / Gasal
Standar Kompetensi :
3. Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan
lingkungan dan AMDAL
Kompetensi Dasar : 3.1
Mengidentifikasi komponen ekosistem
Indikator : 3.1.1 Komponen-komponen
ekosistem diidentifikasi berdasarkan lingkungan sekitar
3.1.2 komponen
biotik dan abiotik diidentifikasi berdasarkan fungsinya
3.1.3 interaksi
antarkomponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensalisme dan parasitisme
diidentifikasi melalui kegiatan penelitian di lapangan
Alokasi Waktu :
8 x 45 menit
![]() |
|
![]() |
I.
Tujuan
Pembelajaran
Pendidikan
karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan,
dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala
luas.
Setelah
mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Mendeskripsikan komponen ekosistem.
2.
Mendeskripsikan interaksi antarkomponen ekosistem
3.
Mendeskripsikan karakteristik tipe ekosistem
4.
Mendeskripsikan manfaat komponen ekosistem bagi
kehidupan
Karakter yang dituju
: siswa yang cerdas, terampil, analitis, kritis dan berwawasan luas
II. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
A.
Ekologi (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media
Sejahtera)
Pertemuan 2
B.
Ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara
Media Sejahtera)
Pertemuan 3
C.
Macam dan satuan ekosistem (Lihat BKS IPA XII SMK/MAK
Penerbit Suara Media Sejahtera)
Pertemuan 4
D.
Pola interaksi dalam ekosistem (Lihat BKS IPA XII
SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
III. Model dan Strategi Pembelajaran
1.
Model pembelajaran CTL.
2.
Strategi : studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya
jawab, penugasan dan lain-lain.
IV. Langkah – langkah pembelajaran
A. Pertemuan pertama (Alokasi waktu : 2 x 45
menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
a.
Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing – masing
Dampak : berdoa adalah kegiatan
komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari,
guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola
pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk :
manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.
Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari
ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa
diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa
hormat kepada guru
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar
isi modul. (10 menit)
2)
Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan
mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi
yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar
daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat.
3)
Siswa dijelaskan materi tentang ekologi. (14 menit)
Karakter yang akan terbentuk : rasa
serta sikap siap dalam segala kondisi
4)
Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam
kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit)
b.
Elaborasi
1)
Disediakan soal – soal tentang ekologi. Siswa
mengerjakannya dengan sungguh –
sungguh. (soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit)
2)
Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10
menit)
Karakter yang akan terbentuk : rasa
keyakinan dalam hati dan percaya diri.
3)
Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain
memberikan tanggapan. (10 menit)
Karakter yang akan terbentuk : berani
berpendapat
4)
Diskusi hasil presentasi. (10 menit).
c.
Konfirmasi
Menguji
siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan
pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk
persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
|
B. Pertemuan kedua (Alokasi waktu : 2 x 45
menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
a.
Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing –
masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan
komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari,
guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola
pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk :
manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.
Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari
ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa
diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa
hormat kepada guru
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan
diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi
yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan
materi yang akan diajarkan.
2)
Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam
ekosistem. (10 menit)
3)
Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif
dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10
menit)
b.
Elaborasi
Siswa
menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan
maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.
Konfirmasi
Menguji
siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan
pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk
persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
|
C. Pertemuan ketiga (Alokasi waktu : 2 x 45
menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
a.
Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing –
masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan
komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari,
guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola
pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk :
manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.
Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari
ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa
diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa
hormat kepada guru
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan
diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi
yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan
materi yang akan diajarkan.
2)
Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam
ekosistem. (10 menit)
3)
Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif
dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10
menit)
b.
Elaborasi
Siswa
menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan
maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.
Konfirmasi
Menguji
siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan
pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk
persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
|
D. Pertemuan Empat (Alokasi waktu : 2 x 45
menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
a.
Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing –
masing. (5 menit)
Dampak : berdoa adalah kegiatan
komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari,
guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola
pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit).
Karakter yang akan terbentuk :
manusia yang percaya kepada Tuhan.
b.
Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari
ini. (1 menit)
Dampak : siswa akan merasa
diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar.
Karakter yang akan terbentuk : rasa
hormat kepada guru
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan
diajarkan. (10 menit)
Dampak : memberikan bayangan materi
yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan
materi yang akan diajarkan.
2)
Membahas materi lanjutan tentang pola interaksi dalam
ekosistem. (10 menit)
3)
Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif
dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10
menit)
b.
Elaborasi
Siswa
menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan
maju berdasarkan kebijakan guru). (44 Menit)
c.
Konfirmasi
Menguji
siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi dan
pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang ekosistem untuk
persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)
|
V.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Pembelajaran
1. Modul
bahan ajar
2. BKS
IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera
3. Buku
referensi lain yang relevan
4. Lingkungan
sekitar
5. Internet
VI.
Penilaian
A.
Penugasan
(Kerja Kelompok BKS IPA XII SMK/MAK Penerbit Suara Media Sejahtera)
Buatlah kelompok 4-5 orang. Tunjuklah secara demokratis satu orang untuk
menjadi ketua kelompok, kemudian kerjakan tugas berikut dengan baik!
Bekerjasamalah dengan baik!
Alat dan Bahan :
1.
Tali
2.
Patok
3.
Alat tulis
4.
Kalkulator
Cara Kerja :
1.
Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok, masing-masing
kelompok mendapatkan lokasi yang berbeda (tempat teduh dan tempat terbuka)!
2.
Lokasi tersebut kemudian diukur dengan ukuran 1 x 1
meter!
3.
Amatilah komponen – komponen penyusun ekosistem dalam
area!
4.
Perluasan ukuran plot menjadi 2 x 2 meter dan 4 x 4
meter!
5.
Amatilah kembali komponen – komponen penyusu
ekosistemnya.
6.
Catatlah hasilnya.
Pertanyaan :
1.
Apakah ada perbedaan komponen penyusun ekosistem pada
daerah terbuka dengan daerah teduh? Jelaskan faktor penyebabnya!
2.
Bagaimana perbandingan jumlah komponen penyusun
ekosistem pada setiap ukuran plot? Jelaskan!
B. Pengamatan Proses
1. Unjuk Kerja
No
|
Nama Siswa
|
Karakter yang diamati
|
||||
Mandiri
|
Percaya Diri
|
Kreatif
|
Rajin
|
Tanggung Jawab
|
||
-
|
Catatan: kolom karakter bisa
ditambah sesuai dengan jenis karakter yang ada.
2. Uji Kompetensi
Aspek Kognitif (BKS IPA XII SMK/MAK
Penerbit Suara Media Sejahtera)
1.
Pilihan
Ganda
Contoh :
1)
Dalam suatu persawahan terdapat belalang, tikus,
tanaman padi dan ular. Fikri sangat peduli terhadap keberlangsungan ekosistem
sawah sehingga dalam membasmi hama, Fikri tidak pernah mau menggunakan
pestisida karena penggunaan pestisida yang berlebihan mengakibatkan populasi
belalang di persawahan tersebut menjadi punah. Akibat punahnya belalang
tersebut adalah …
a.
Populasi tikus meningkat
b.
Populasi tanaman padi meningkat
c.
Populasi ular meningkat
d.
Populasi tanaman padi menurun
e.
Populasi tikus menurun, tapi populasi ular meningkat
2)
Rinda sangat rajin menyiram kebun bayam dibelakang
rumahnya, karena ia tahu bahwa tanaman bayam harus sering disirami. Hal itu
menunjukkan bahwa tanaman bayam …
a.
Bergantung pada tanah
b.
Bergantung pada air
c.
Menentukan ekosistem
d.
Merupakan produsen
e.
Merupakan konsumen
2.
Isian
Contoh :
1)
Hewan dan tumbuhan yang tidak berklorofil tidak mampu
mensintesis makanan sendiri. Sifat seperti ini disebut …
2)
Ekosistem buatan berupa daerah pertanian disebut …
3.
Uraian
Contoh :
1)
Bagaimana terciptanya istilah ekologi?
2)
Sebutkan komponen abiotik dalam ekosistem!
Aspek Afektif
Jawablah
pertanyaan berikut ini secara logis,
kritis dan analitis!
Derajad
keasaman tanah sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanah. Pernahkan kalian
melihat petani yang memberi kapur pada sawahnya? Menurut pendapat kalian,
apakah alasan pemberian kapur pada tanah pertanian? Adakah kaitannya dengan
ketersediaan unsur – unsur hara lain tanaman?
Aspek Psikomotorik
Untuk menambah
wawasan kalian, di bawah ini adalah praktik yang akan mendorong sifat peduli terhadap ekosistem di sekitar kalian.
Tujuan :
Memahami komponen – komponen
ekosistem
Alat dan Bahan :
1.
Akuarium
2.
Kerikil
3.
Pasir
4.
Tanah yang subur
5.
Air jernih
6.
Hydrilla sp
7.
Empat ekor ikan
8.
Dua ekor siput air
9.
Dua ekor udang
10.
Makanan ikan
Cara Kerja :
1.
Masukkan tnah subur secukupnya ke dalam akuarium
2.
Cucilah pasir, kemudian taburkan di atas tanah
subur dengan merata
3.
Cucilah kerikil, kemudian taburkan di atas pasir
dengan merata
4.
Isilah akuarium dengan air jernih secara perlahan –
lahan hingga hampir penuh
5.
Masukkan Hydrilla sp
6.
Letakkan akuarium di tempat tenang, tetapi tidak
terkena cahaya matahari secara langsung
7.
Bbiarkan selama lima hari
8.
Buanglah setiap kali ada Hydrilla sp yang mati atau
membusuk
9.
Masukkan empat ekor ikan, dua ekor siput air dan
dua ekor udang
10.
Berilah makanan ikan setiap hari dan tambahkan air
ke dalam akuarium apabila airnya menyusut karena penguapan.
Pertanyaan :
1.
Apakah yang berperan sebagai produsen dalam ekosistem
tersebut?
2.
Apakah yang berperan sebagai konsumen dalam ekosistem
tersebut?
3.
Adakah dekomposer dalam ekosistem tersebut? Jelaskan
jawaban kalian!
4.
Apakah akibatnya jika dalam ekosistem tersebut tidak
ada dekomposer?
5.
Komponen abiotik apa sajakah yang ada dalam ekosistem
tersebut?
6.
Apakah akibatnya jika Hydrilla sp tidak dimasukkan ke
dalam ekosistem tersebut?
7.
Apakah akibatnya jika udang tidak dimasukkan ke dalam
ekosistem tersebut?
Mengetahui ….,……………
Kepala Sekolah Guru
Mapel
……………… …………….
0 komentar:
Post a Comment