Powered By Blogger

Thursday, December 5, 2013

MEMPERBAIKI KOMPUTER DAN LAPTOP SENDIRI TANPA HARUS KE BENGKEL

MEMPERBAIKI KOMPUTER DAN LAPTOP SENDIRI TANPA HARUS KE BENGKEL




salam super sahabat sahabat blogger, kembali lagi dengan artikel yang sederhana namun mudah dipelajari dan semoga artikel artikel yang saya upload bermanfaat bagi kita semua. amin. artikel ini akan membahas bagaimana semua orang termasuk orang awam bisa memperbaiki komputernya sendiri tanpa harus ke bengkel, asalkan setiap orang mau belajar dan membaca dipastikan kita bisa memperbaiki komputer dan laptop kita sendiri tanpa harus ke bengkel.

berikut beberapa tips agar kita bisa memperbaiki komputer kita sendiri :
yang pertama harus kita pelajari adalah mengenal bagian - bagian komputer atau laptop, saya sedikit jelaskan mengenai komponen komputer. komponen komputer terdiri dari beberapa bagian yaitu mainboard/motherboard, Processor, Fan Processor / Headsink (Kipas Pendingin), RAM (Random Akses Memori), Power Supply, Harddisk, DVD-ROM, LAN Card, Vga Card, Sound Card, USB, LED indikator, dan tentunya Cassing.
semua komponen komputer itu sangat berpengaruh terhadap performa komputer agar komputer dapat hidup dan layak digunakan, seperti manusia yang mempunyai organ - organ tubuh yang mempunyai fungsi masing - masing bagiannya.
Namun tidak semua komponen yang saya sebutkan diatas wajib untuk menghidupkan sebuah komputer contohnya DVD-ROM, Lan Card, Sound Card, USB, LED Indikator, Cassing. kenapa saya sebutkan tidak berpengaruh untuk hidup, karena untuk menghidupkan sebuah komputer hanya memerlukan Motherboard, Processor, FAN (Headsink), RAM (Random Akses Memory), Power Supply.

setelah mengenal komponen-komponen komputer kemudian saya akan sedikit menjelaskan fungsi dari masing - masing komponen secara sederhana dan agar mudah di ingat saja.berikut fungsi dari hardware komputer :

1. Harddisk 
harddisk merupakan bagian terpenting jika kita hendak menginstall sistem operasi dan menyimpan data. tanpa harddisk maka komputer hanya dapat hidup namun tidak dapat difungsikan secara optimal. jadi jika harddisk kita rusak maka beberapa peringatan yang muncul adalah sebagai berikut : NTLDR ISMISSING ini berarti sistem operasi rusak dan harus instal ulang lagi, LOADING SISTEM OPERASI ERROR peringatan itu juga berarti sistem operasi rusak, REMOVABLE DISK berarti harddisk tidak terdeteksi memperbaikinya dengan mencoba ganti power dan kabel sata/ata yang ada, HARDISK TIDAK TERDETEKSI DI BIOS kemungkinan yang pertama kabel power dari supply sudah lemah, kedua kabel datanya rusak dan perlu diganti. TERDETEKSI DI BIOS TETAPI DI INSTALL TIDAK BISA jika sudah seperti ini kemungkinan harddisk mengalami bad sector jadi ada beberapa bagian dari hardisk yang sudah tidak bisa digunakan sehinngga ketika menginstal selalu gagal dan reboot lagi, hardisk yang bad sector kebanyakan sudah tidak bisa di install ulang tetapi ada juga yang masih bisa digunakan untuk hardisk eksternal.

2. RAM
RAM digunakan sebagai penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. Tanpa RAM sebuah komputer tidak akan bisa digunakan, karena jika RAM rusak maka komputer kita akan mati meskipun power ada dan kipas bisa menyala. Kerusakan RAM biasanya disebabkan karena pemakaian virtual memory yang berlebihan, misal RAM yang asli hanya 1 Gigabyte kemudian kita ubah virtual memory di komputer menjadi 10 Gigabyte, hal itu yang akan menyebabkan RAM anda cepat rusak, karena maksimal untuk virtual memory hanya 3x lipat dari RAM aslinya. kerusakan kedua karena kotor debu masuk pada bagian slot RAM, kalau penyebabnya debu, kita tinggal membersihkannya dengan kuas pada slot RAM kemudian pada PIN RAM yang berwarna kuning kita bersihkan dengan menggunakan penghapus, caranya tinggal goreskan pada pin yang berwarna kuning 1 arah. tanda dari kerusakan RAM adalah bunyi beep yang panjang ketika komputer dinyalakan.

3. MOTHERBOARD
motherboard menurut pendapat saya adalah komponen utama untuk meletakkan semua komponen komputer, tanpa motherboard komputer tidak akan berdaya sama sekali, karena komponen ini yang paling mahal harganya dan paling berpengaruh. sebenarnya motherboard itu bisa tahan dalam jangka yang lama, kerusakan yang terjadi pada motherboard biasanya ada jalur jalur yang putus sehingga dari semua komponen yang dipasang dimotherboard tidak bisa terhubung. untuk kerusakan motherboard admin belum bisa menjelaskan dengan rinci, tapi ciri cirinya adalah ketika power ditancapkan ke motherboard dan tidak bisa dinyalakan dengan tombol power baik secara manual maupun dengan tombol itulah ciri cirinya.

4. PROCESSOR
sepengetahuan saya processor adalah otak utama bagaimana komputer akan bekerja, processor juga mempengaruhi kecepatan komputer bekerja, semakin tinggi kecepatan processor maka semakin cepat pula komputer akan bekerja. berikut tingkatan processor dari yang saya ketahui Pentium I, II, III, IV kemudian Dual Core, Core 2 Duo, Core I3, Core I5, Core I7. Prosesor juga sebenarnya adalah komponen yang paling awet dan susah rusak. penyebab kerusakan processor biasanya karena panas yang berlebihan karena headsing tidak bekerja dengan maksimal, jika headsing sudah lemah sebaiknya ganti saja dan jangan dipaksakan kareena harga headsink lebih murah dibandingkan prosesor yang mahal harganya. 

Rehat dulu sejenak... hehe


1 comment:

  1. salam admin
    Setelah membaca artikel Anda Saya suka dengan topik Anda. Sangat membantu sekali dan bisa dijadikan sumber referensi saya berharap orang lain dapat merasakan manfaat yang sama seperti saya, saya akan menunggu update artikel berikutnya Terima kasih untuk berbagi ebook panduan teknisi komputer

    ReplyDelete